PLN Ajak Media Unduh PLN Mobile, Perkuat Transformasi Layanan Digital

SUMBERNEWS, PEKANBARU — PT PLN (Persero) terus mendorong percepatan transformasi digital layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile. Sebagai bagian dari upaya memperluas pemanfaatan teknologi dan meningkatkan literasi digital publik, PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (UIP Sumbagteng) mengajak insan media untuk turut serta mendukung dan menggunakan aplikasi PLN Mobile sebagai kanal utama layanan pelanggan berbasis digital.

Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian kolaborasi komunikasi PLN bersama media, khususnya dalam membangun pemahaman dan pengalaman langsung terhadap layanan digital yang ditawarkan PLN kepada masyarakat.

“Media adalah mitra strategis PLN, bukan hanya dalam penyampaian informasi, tetapi juga dalam menjadi bagian dari perubahan layanan berbasis digital. Kami berharap rekan-rekan media bisa ikut mencoba, merasakan kemudahan PLN Mobile, dan menyampaikan manfaatnya ke masyarakat luas,” ujar Anggraeny Glory, Asman Komunikasi dan TJSL PLN UIP Sumbagteng.

Aplikasi PLN Mobile kini telah menjadi pusat layanan terpadu pelanggan, dengan berbagai fitur yang mempermudah kebutuhan masyarakat, seperti pelaporan gangguan, pembayaran tagihan listrik, pembelian token, layanan tambah daya, pencatatan meter mandiri, hingga pelacakan permohonan layanan secara real time.

Selain itu, PLN Mobile juga menjadi jembatan komunikasi antara pelanggan dan PLN dalam bentuk yang lebih cepat, transparan, dan efisien. Kehadiran aplikasi ini selaras dengan komitmen PLN untuk memberikan pelayanan kelas dunia kepada seluruh pelanggan.

Dalam kesempatan interaksi bersama media, PLN UIP Sumbagteng juga melakukan simulasi penggunaan aplikasi secara langsung dan membagikan panduan praktis pengoperasian PLN Mobile. Kegiatan ini diharapkan dapat memperluas cakupan pengguna aktif dan memperkuat edukasi publik akan pentingnya digitalisasi dalam sektor ketenagalistrikan.

General Manager PLN UIP Sumbagteng, Hendro Prasetyawan, menegaskan bahwa PLN Mobile adalah bagian dari transformasi fundamental perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat keterhubungan dengan masyarakat.
“Kami ingin masyarakat merasakan bahwa layanan PLN kini hadir lebih dekat, lebih cepat, dan lebih transparan melalui PLN Mobile. Media memiliki peran penting sebagai penghubung informasi sekaligus penggerak perubahan perilaku masyarakat menuju layanan digital. Lewat sinergi ini, kami berharap digitalisasi tidak hanya menjadi tren, tapi benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh pelanggan PLN,” ujar Hendro.

Perwakilan media pun menyampaikan apresiasi atas hadirnya PLN Mobile. H. Syukron Putra SE.AK., MM, General Manager Posmetro Padang, menilai bahwa transformasi PLN saat ini sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari.
“Sekarang PLN sudah jauh berubah, pelayanannya makin modern dan praktis. Dulu kalau mau pasang baru, lapor gangguan, atau urus tambah daya, kita harus datang ke kantor PLN. Sekarang cukup lewat PLN Mobile, semua bisa dilakukan dari rumah sambil ngopi. Beli token, cek tagihan, semua layanan PLN sekarang ada dalam satu aplikasi. Dan yang paling penting, responnya cepat banget. Aplikasi ini benar-benar memudahkan masyarakat,”ujar Syukron.

Media menilai kehadiran PLN Mobile merupakan langkah konkret dalam menghadirkan pelayanan yang responsif, transparan, dan terintegrasi, serta menjadi bukti nyata komitmen PLN dalam menghadirkan layanan berbasis teknologi untuk seluruh lapisan masyarakat.

Hingga Juni 2025, pengguna aktif PLN Mobile secara nasional terus meningkat dan menjadi salah satu indikator keberhasilan transformasi layanan pelanggan PLN. PLN juga terus melakukan pembaruan sistem dan penambahan fitur untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan masa kini.

Melalui sinergi bersama media, PLN berharap literasi digital layanan kelistrikan semakin kuat, dan masyarakat semakin aktif memanfaatkan layanan PLN yang kini hadir di genggaman tangan. (*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY